Skip to main content

Pencipta dan Arti Lambang Gerakan Pramuka

Lambang Gerakan Pramuka adalah tunas kelapa yang diciptakan oleh Soenardjo Atmodipoerwo. Lambang ini pertama kali digunakan pada tanggal 14 Agustus 1961.





Lambang tunas kelapa ini memiliki beberapa kiasan atau arti, yaitu:

1. Buah kelapa pada lambang yang sedang dalam keadaan tumbuh dinamakan cikal, ini mengartikan Pramuka adalah inti bagi kelangsungan hidup bangsa ataupun tunas penerus bangsa.

2. Buah kelapa adalah buah yang tahan lama, ini mengartikan bahwa anak Pramuka itu sehat dan kuat jasmani dan rohaninya.

3. Buah kelapa dapat tumbuh dimana saja, ini mengartikan orang Pramuka dapat beradaptasi dimanapun dan dalam kondisi apapun.

4. Pohon kelapa tumbuh menjulang tinggi, ini mengartikan Pramuka itu tinggi cita-citanya.

5. Akar pohon kelapa yang kuat, ini mengartikan Pramuka berpegang pada dasar-dasar yang kuat.

6. Kelapa merupakan tanaman yang serbaguna, ini mengartikan Pramuka itu berguna bagi nusa, bangsa, dan agama.

Comments

  1. Semoga bermanfaat, silahkan untuk memberikan kritik dan sarannya melalui kolom komentar ini :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Apa itu Pramuka ?

Pramuka merupakan singkatan dari Praja Muda Karana yang berarti orang-orang yang berjiwa muda dan suka berkarya . Berdasarkan pengertian tersebut, setiap anggota Pramuka memiliki jiwa yang muda walaupun usia mereka sudah tidak lagi muda tetapi jiwa mereka tetap muda, itulah sebab mengapa di Pramuka biasanya kita memanggil pembina dengan sebutan "kak" walaupun mungkin usia nya sudah tidak lagi muda. Pramuka juga merupakan pendidikan non formal atau pendidikan yang ada selain disekolah yang mengajarkan life skill , sikap atau etika, kedisiplinan, bersahabat dengan alam, dan masih banyak ilmu serta pengalaman lainnya yang diajarkan di Pramuka.